HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DAN FASILITAS OPERASIONAL RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT RATU ZALECHA MARTAPURA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : (1) Mengidentifikasi hubungan Reliability dengan kepuasan pasien, (2) Mengidentifikasi hubungan Responsiveness dengan kepuasan pasien, (3 Mengidentifikasi hubungan Assurance dengan kepuasan pasien, (4) Mengidentifikasi hubungan Empathy dengan kepuasan pasien, (5) Mengidentifikasi hubungan Tangible dengan kepuasan pasien, (6) Mengidentifikasi hubungan fasilitas operasional rumah sakit dengan kepuasan pasien. Metode penelitian survey dengan tipe explanatory research, sampel sebanyak 90 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria inklusi : pasien yang dirawat lebih dari 2 x 24 jam, karena dianggap telah mengetahui situasi rumah sakit, pasien dalam keadaan sadar dan mampu berwawancara/menjawab pertanyaan, usia pasien 15-50 tahun. Teknik analisis data menggunakan Chi Square dengan taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian didapatkan nilai p < 0,05 sehingga diambil kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara Reliability, Responsiveness, Assurance, Empath, Tangible, fasilitas operasiional terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RS Ratu Zalecha Martapura. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Perawat, Fasilitas Operasional, Kepuasaan Pasien