PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta)

Main Author: FANI NURDIANTI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/8287/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://repository.unj.ac.id/8287/
ctrlnum 8287
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/8287/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta)</title><creator>FANI NURDIANTI, .</creator><subject>Media Pembelajaran</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimentaldengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk tes tertulis. Setelah data terkumpul, maka data akan diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Lilieforsdan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher,menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung= 3,315 dan ttabel= 2,03. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung&gt; ttabelyang berarti H0ditolak dan H1diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.</description><date>2016-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8287/1/SKRIPSI%20FIX.pdf</identifier><identifier> FANI NURDIANTI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>8287</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FANI NURDIANTI, .
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta)
publishDate 2016
topic Media Pembelajaran
url http://repository.unj.ac.id/8287/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://repository.unj.ac.id/8287/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimentaldengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk tes tertulis. Setelah data terkumpul, maka data akan diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Lilieforsdan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher,menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung= 3,315 dan ttabel= 2,03. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabelyang berarti H0ditolak dan H1diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.
id IOS7130.8287
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-08-11T05:49:48Z
last_indexed 2020-09-27T15:13:55Z
recordtype dc
_version_ 1686502343571406848
score 17.538404