POLA KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PT ASTRA INTERNASIONAL TBK TOYOTA SALES OPERATION (AUTO 2000)
Daftar Isi:
- Pola Komunikasi yang di gunakan Customer Relations adalah Komunikasi Antar Pribadi yaitu Komunikasi Dua Arah dan Multi Arah. Dimana ini cara mengatasi keluhan yang di hadapi seorang Customer Relations terhadap pelanggannya. Komunikasi ini tepat di pilih oleh perusahan ataupun Customer Relations karena adanya umpan balik (Feed Back) antara pelanggan dengan Customer Relations untuk mendapatkan solusi atau tujuan yang sama sehingga kedua belah pihak dapat menyelesaikan secara bersama. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Customer Relations dalam menangani keluhan pelanggan di PT Astra Internasional Sales Operation (AUTO 2000). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus untuk memperlajari, menerangkan atau menginterpretasi suatu kasus (case) dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi dari pihak luar. Hasil penelitian ini membahas pola komunikasi Customer Relations dalam menangani keluhan pelanggan di PT Astra Internasional Sales Operation (AUTO 2000).Dengan demikian peneliti dapat melihat gambaran bagaimana upaya pola komunikasi Customer Relations dalam menangani keluhan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi Customer Relations itu sangat penting dilakukan agar keluhan pelanggan dapat teratasi sehingga perusahaan dan pelanggan tidak akan terjadi yang namanya kesalahpahaman. Hingga akhirnya pelanggan dan perusahaan akan berhubungan baik dengan adanya atau dilakukannya pola komunikasi yang baik.