Analisis Pemahaman Konsumen terhadap Aroma Cacat pada Kopi (Coffea sp.)
Main Authors: | Sihwidi, Tiffani Sindia, Wenny Bekti Sunarharum,, STP., M.Food.St., Ph.D., Arif Yustian M. N.,, STP, M.Agr |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/187704/1/Tiffani%20Sindia%20Sihwidi.pdf http://repository.ub.ac.id/187704/ |
ctrlnum |
187704 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/187704/</relation><title>Analisis Pemahaman Konsumen terhadap Aroma Cacat pada
Kopi (Coffea sp.)</title><creator>Sihwidi, Tiffani Sindia</creator><creator>Wenny Bekti Sunarharum,, STP., M.Food.St., Ph.D.</creator><creator>Arif Yustian M. N.,, STP, M.Agr</creator><subject>338.16 Production efficiency</subject><description>Kopi adalah salah satu komoditas perkebunan paling populer di dunia yang banyak
diminati karena cita rasa dan aromanya yang khas. Penilaian mutu kopi diantaranya
dapat dinilai dari cita rasa dan aroma kopi itu. sendiri. Biji kopi yang. berkualitas
didapatkan dari penanganan yang tepat saat panen, proses pengolahan yang tepat, dan
penyangraian yang sesuai. Biji kopi dianggap normal jika menghasilkan minuman yang
mampu memuaskan konsumen. Cacat adalah segala sesuatu yang menyimpang dari biji
normal dan dapat terjadi selama budidaya atau selama panen, proses pengolahan,
pengangkutan dan penyimpanan. Cacat dapat menyebabkan rasa yang tidak enak
sehingga mengubah kualitas kopi seduhan, hilangnya aroma asli karena adanya benda
asing atau kecacatan, serta terbakarnya serpihan atau biji kopi selama pemanggangan
(roasting). Tujuan dari.penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsumen
terhadap aroma cacat pada kopi sehingga dapat diperoleh informasi dan identifikasi
aroma cacat pada kopi yang sering dijumpai oleh konsumen, serta dapat digunakan
untuk menambah pemahaman konsumen mengenai aroma cacat pada kopi.

Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner daring kepada masyarakat
umum yang mengonsumsi kopi. Data yang dianalisis yaitu hubungan antara pemahaman
konsumen mengenai beberapa faktor cacat pada kopi seperti jenis cacat apa saja yang
diketahui konsumen, penyebab dan pengaruh stinker beans. pada biji kopi, penyebab
aroma fenolik pada biji kopi, tanda kopi basi, serta cacat aroma yang dijumpai konsumen
pada biji kopi hijau, biji kopi sangrai, dan pada kopi seduhan, dengan faktor yang
diduga berhubungan dengan pemahaman konsumen, seperti jenis kelamin, usia,
domisili, pekerjaan, pengalaman..di. bidang kopi, rutinitas konsumsi kopi dalam
seminggu, lokasi konsumsi kopi, perhatian terhadap jenis biji kopi yang. dikonsumsi,
jenis biji kopi yang disukai, jenis kopi yang dikonsumsi, pengalaman__mengikuti
training uji cita rasa, dan identitasnya sebagai Q/R Grader atau bukan. Analisis
pemahaman konsumen diuji dengan skoring, faktor-faktor yang berhubungan dengan
pemahaman konsumen diuji dengan Chi-Square menggunakan IBM SPSS Statistics
23, dan perbedaan kelompok pemahaman. konsumen dalam menilai persepsi atribut
mutu seduhan kopi yang meliputi aroma, rasa, aftertaste, mouthfeel, dan sensasi
dianalisis dengan ANOVA Scheffe Post Hoc Test menggunakan IBM SPSS Statistics 23.

Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa mayoritas pemahaman konsumen
masih rendah terhadap aroma cacat pada kopi karena mayoritas dari mereka hanya
konsumen biasa sebanyak 41% yang’ tidak memiliki pengalaman. Faktor-faktor yang
secara signifikan berhubungan dengan pemahaman konsumen adalah _perhatian
terhadap jenis biji kopi yang dikonsumsi dan pengalaman mengikuti training uji cita rasa.
Tidak ada perbedaan nyata antar ketiga kelompok pemahaman konsumen terhadap
persepsi atribut mutu sensoris kopi.</description><date>2021-09-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/187704/1/Tiffani%20Sindia%20Sihwidi.pdf</identifier><identifier> Sihwidi, Tiffani Sindia and Wenny Bekti Sunarharum,, STP., M.Food.St., Ph.D. and Arif Yustian M. N.,, STP, M.Agr (2021) Analisis Pemahaman Konsumen terhadap Aroma Cacat pada Kopi (Coffea sp.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521100198</relation><recordID>187704</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sihwidi, Tiffani Sindia Wenny Bekti Sunarharum,, STP., M.Food.St., Ph.D. Arif Yustian M. N.,, STP, M.Agr |
title |
Analisis Pemahaman Konsumen terhadap Aroma Cacat pada
Kopi (Coffea sp.) |
publishDate |
2021 |
topic |
338.16 Production efficiency |
url |
http://repository.ub.ac.id/187704/1/Tiffani%20Sindia%20Sihwidi.pdf http://repository.ub.ac.id/187704/ |
contents |
Kopi adalah salah satu komoditas perkebunan paling populer di dunia yang banyak
diminati karena cita rasa dan aromanya yang khas. Penilaian mutu kopi diantaranya
dapat dinilai dari cita rasa dan aroma kopi itu. sendiri. Biji kopi yang. berkualitas
didapatkan dari penanganan yang tepat saat panen, proses pengolahan yang tepat, dan
penyangraian yang sesuai. Biji kopi dianggap normal jika menghasilkan minuman yang
mampu memuaskan konsumen. Cacat adalah segala sesuatu yang menyimpang dari biji
normal dan dapat terjadi selama budidaya atau selama panen, proses pengolahan,
pengangkutan dan penyimpanan. Cacat dapat menyebabkan rasa yang tidak enak
sehingga mengubah kualitas kopi seduhan, hilangnya aroma asli karena adanya benda
asing atau kecacatan, serta terbakarnya serpihan atau biji kopi selama pemanggangan
(roasting). Tujuan dari.penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsumen
terhadap aroma cacat pada kopi sehingga dapat diperoleh informasi dan identifikasi
aroma cacat pada kopi yang sering dijumpai oleh konsumen, serta dapat digunakan
untuk menambah pemahaman konsumen mengenai aroma cacat pada kopi.
Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner daring kepada masyarakat
umum yang mengonsumsi kopi. Data yang dianalisis yaitu hubungan antara pemahaman
konsumen mengenai beberapa faktor cacat pada kopi seperti jenis cacat apa saja yang
diketahui konsumen, penyebab dan pengaruh stinker beans. pada biji kopi, penyebab
aroma fenolik pada biji kopi, tanda kopi basi, serta cacat aroma yang dijumpai konsumen
pada biji kopi hijau, biji kopi sangrai, dan pada kopi seduhan, dengan faktor yang
diduga berhubungan dengan pemahaman konsumen, seperti jenis kelamin, usia,
domisili, pekerjaan, pengalaman..di. bidang kopi, rutinitas konsumsi kopi dalam
seminggu, lokasi konsumsi kopi, perhatian terhadap jenis biji kopi yang. dikonsumsi,
jenis biji kopi yang disukai, jenis kopi yang dikonsumsi, pengalaman__mengikuti
training uji cita rasa, dan identitasnya sebagai Q/R Grader atau bukan. Analisis
pemahaman konsumen diuji dengan skoring, faktor-faktor yang berhubungan dengan
pemahaman konsumen diuji dengan Chi-Square menggunakan IBM SPSS Statistics
23, dan perbedaan kelompok pemahaman. konsumen dalam menilai persepsi atribut
mutu seduhan kopi yang meliputi aroma, rasa, aftertaste, mouthfeel, dan sensasi
dianalisis dengan ANOVA Scheffe Post Hoc Test menggunakan IBM SPSS Statistics 23.
Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa mayoritas pemahaman konsumen
masih rendah terhadap aroma cacat pada kopi karena mayoritas dari mereka hanya
konsumen biasa sebanyak 41% yang’ tidak memiliki pengalaman. Faktor-faktor yang
secara signifikan berhubungan dengan pemahaman konsumen adalah _perhatian
terhadap jenis biji kopi yang dikonsumsi dan pengalaman mengikuti training uji cita rasa.
Tidak ada perbedaan nyata antar ketiga kelompok pemahaman konsumen terhadap
persepsi atribut mutu sensoris kopi. |
id |
IOS4666.187704 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-02-07T03:27:01Z |
last_indexed |
2022-02-07T03:27:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456057971965952 |
score |
17.538404 |