Analisis Kepuasan Konsumen Pada Baker’s King Donut & Coffee Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Quality Function Deployment (Fqfd) (Studi Kasus Di Baker’s King Mall Mog, Malang, Jawa Timur)
Main Author: | Fikriyah, Nabela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/151250/1/SKRIPSI_NABELA_A4.pdf http://repository.ub.ac.id/151250/2/SKRIPSI_NABELA_A5.pdf http://repository.ub.ac.id/151250/ |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi persaingan terjadi antar produsen untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu tindakan yang dilakukan untuk memuaskan konsumen dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan baik. Baker’s King merupakan salah satu ritel makanan yang menjual berbagai macam bakery dan coffee. Produk yang dihasilkan Baker’s King yaitu donut, roti manis, roti tawar, macaroon dan berbagai macam minuman coffee. Baker’s King yang berada di Mall MOG merupakan cabang kedua yang dibuka di kota Malang terletak di Jl. Kawi No. 24, Malang. Outlet Baker’s King juga menyediakan tempat yang nyaman untuk konsumen agar bisa menyantap makanan dan minuman di outlet. Hal tersebut merupakan pelayanan yang diberikan Baker’s King untuk memberi kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan karena dari pihak Baker’s King belum pernah melakukan survei tentang kepuasan pelanggan sehingga dari pihak manajemen Baker’s King belum mengetahui konsumen sudah puas atau belum terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh Baker’s King. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen pada Baker’s King dan menentukan prioritas perbaikan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Pada penelitian ini metode yang digunakan Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD). Fuzzy QFD adalah gabungan metode fuzzy dan QFD, fuzzy berfungsi untuk memperjelas pengkaburan dari penilaian yang diberikan konsumen. Quality Function Deployment (QFD) adalah metode 8 perancangan dan pengembangan sesuai dengan voice of customer dan dipadukan dengan kemampuan teknis perusahaan dalam memenuhi keinginan pelanggan. Suara konsumen dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian diolah dengan fuzzy set number. Fuzzy set number yang digunakan dalam pengolahan data adalah Triangular Fuzzy Number (TFN). Hasil pengolahan data TFN selanjutnya akan digunakan dalam House of Quality (HOQ). HOQ untuk menerjemahkan suara konsumen ke dalam kebutuhan teknis. Hasil analisis dengan metode fuzzy yang telah diperhitungkan sebelumnya menunjukkan bahwa atribut yang jadi prioritas utama yang mempengaruhi kepuasan konsumen dari voice of customer pada Baker’s King yaitu atribut tampilan makanan dan minuman yang menarik (CR7) sebesar (-1), atribut desain kemasan yang menarik (CR8) sebesar (-0,92) dan atribut makanan dan minuman bervariasi (CR2) sebesar (-0,87). Hasil analisis dengan metode Quality Function Deployment yang telah diperhitungkan sebelumnya menunjukkan bahwa respon teknis dari Baker’s King yang menjadi prioritas utama untuk usulan perbaikan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen yaitu pertama teknis pengolahan produksi yang tepat nilainya sebesar (152,94), yang kedua mengadakan pelatihan karyawan dalam melayani konsumen nilainya sebsar (130,23), yang ketiga meningkatkan kreatifitas dan melakukan inovasi-inovasi terbaru nialinya sebesar (104,85).