Pengukuran Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Produk Olahan Jamur Tiram Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Di Cv. Sego Njamoer Outlet Cabang Malang)
Daftar Isi:
- Konsep bisnis makanan franchise saat ini sedang berkembang di kota Malang. Strategi para pelaku bisnis waralaba agar dapat bertahan dalam persaingan ialah dengan mengutamakan kepuasan konsumen. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen ialah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. Untuk mengetahui tingkat pelayanan terhadap kepada konsumen maka perusahaan membutuhkan penelitian yang berhubungan dengan pengukuran nilai kepuasan konsumen. Penggunaan metode Servqual merupakan hal yang tepat untuk membandingkan harapan dengan kinerja pelayanan yang diberikan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan CV. Sego Njamoer, dimensi dan atribut yang harus diprioritaskan dalam upaya peningkatan kepuasan konsumen. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat tiga dimensi yang mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen, antara lain empathy (0.005), reliability (0.001),dan responsiveness (0.001). Sedangkan masih terdapat dua dimensi yaitu tangible (-0.014) dan assurance (-0.02) yang belum dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen. Sedangkan berdasarkan pemetaan melalui diagram kartesius didapatkan hasil bahwa empat atribut yang menjadi prioritas utama dalam kinerja yang diberikan ialah pelayan membersihkan nasi dan jamur yang bercecer ketika sebelum dan sesudah memasak, pegawai memasang media marketing sesuai standar, pegawai membersihkan sampah di sekitar outlet, dan serta penggunaan sarung tangan saat mencetak Sego Njamoer.