Daftar Isi:
  • Keputusanpembelianmerupakanpuncakakhirtransaksidariseorangkonsumenterhadapprodusen.Kotlermengatakanbahwapromosimerupakansalahsaturangsanganpemasaran.Salah satu media promositersebutadalahiklan.Suatuprodukakandiminatiketikamemilikibrand yang kuat. Honda sebagaiperusahaan motor mempertahankanbrand / citradenganmemberikanpelayananterbaikkepadamasyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapabesarpengaruhiklandancitramerekdalammenentukankeputusanpembelianpadamahasiswa IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakanpenelitianlapangan (field research) dengan menggunakanmetodekuantitatif.Model pengumpulan data yang digunakanyaknidenganmetodekuesionerdanobservasi.Sampel yang diambilyaknisebanyak 100 orang mahasiswa IAIN Purwokertopenggunasepeda motor Honda Vario. Metodeanalisis data yang digunakandenganmetodekorelasiRank Spearman, KoefisienKonkordansi Kendall W, danAnalisisRegresi Ordinal. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaiklandancitramerekmemilikipengaruh yang signifikanterhadapkeputusanpembelianmahasiswa IAIN Purwokertodalammenggunakan Honda Vario.Hal iniberdasarkankorelasiRank Spearmanvariabeliklansebesar 0,566, variabelcitramereksebesar 0,619 artinyakorelasi yang sedangataucukupdenganarahpositif.Maknapositifmenunjukansemakinbaikiklan (X1) dancitramerek (X2), makaakansemakintinggikeputusanpembelian (Y). HasilkorelasiKonkordansi Kendall W menunjukanhasilsebesar 0,575 artinyamenujukankorelasi yang cukupkuatantaraiklan, citramerek, dankeputusanpembeliandenganarahpositif.Pengujiananalisisregresi ordinal yang secaraumumdalammembandingkankategorikebaseline yang sangattinggibahwaiklandancitramerekberpengaruhterhadapkeputusanpembeliandengannilai sign ≤ 0,05. Implikasidaripenelitianini, 100 sampelmahasiswa IAIN Purwokertosepakatmembelisepeda motor Honda Variodikarenakaniklandancitramerek. Hal inisesuaidenganteori yang adabahwakeputusanpembeliandipengaruhiolehiklandancitramerek. Kata Kunci: Iklan, Citra Merek, danKeputusanPembelian.