PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas XII IPS di SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Katolik Budi Murni 2 Medan yang beralamat di Jl. Kapiten Purba I Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII sejumlah 76 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 sejumlah 38 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untukmengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction)(rata-rata=86,05 S=7,36) lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (rata-rata=74,87 S=7,02). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel atau 6,62 >1,675. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antar penggunaan model pembelajaran ARCS dan Group Investigation terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017