Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Study Kasus pada IFI Futsal Bandung)

Main Author: REZA DIMAS SIGIT P
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika , 2014
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65298/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pelanggan-pengguna-jasa-lapangan-futsal-study-kasus-pada-ifi-futsal-bandung-.html
Daftar Isi:
  • Ketatnyapersaingandalamindustrijasakhususnyajasasewalapangan futsal saatinimengalamiperkembangan yang cukuppesat.Untukitupemilikperusahaanharusdapatmenciptakankualitas yang dapatmeningkatkankepuasanpelangganterhadapprodukjasasepertidenganmencipt akandanmeningkatkankualitaspelayanan. Kualitaspelayananadalahtotalitasfiturdankarakteristikprodukataujasa yang bergantungpadakemampuannyauntukmemuaskankebutuhan yang dinyatakanatautersirat.Pengertianlainmenyatakanbahwakualitaspelayananadalah sebagaitingkatkeunggulan yang diharapkandanpengendalianatastingkatkeunggulantersebutuntukmemenuhikeingi nanpelanggan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitanggapankonsumenmengenaikua litaspelayanan, dankepuasanpelanggan di IFI Futsal Bandung.Metode yang digunakanadalahmetodekuantitatifdenganjenispenelitianberupastudikausal.Peng ambilansampeldilakukandenganmetodenon-probability sampling jenisconvenience sampling, denganjumlahrespondensebanyak 100 responden.Kemudian, untukanalisis data digunakananalisisdeskriptifdananalisisregresi linier sederhana. Berdasarkanhasilujihipotesissecaraparsialkualitaspelayanan IFI Futsal berpengaruhsignifikanterhadapkepuasanpelanggan. Hal inidibuktikandengannilaithitung (2.468) >ttabel(1.984). Berdasarkananalisisregresi linier sederhanadiperolehhasil Y = 2.225 + 0,305X. Berdasarkanujikoefisiendeterminasi, makadapatdiambilkesimpulanbahwakualitaspelayananmemberikanpengaruh yang signifikanterhadapkepuasanpelanggan, denganpersentasepengaruhnya 5,9%, sedangkansisanyasebesar 94,1% dipengaruhiolehfaktor lain diluarkualitaspelayanan yang tidakdiletilidalampenelitianinisepertibrand image, harga, lokasidanfaktorlainnya. Kesimpulanpenelitianinikualitaspelayanan di IFI Futsal Bandung masukkedalamkategoricukupbaik ,namunadabeberapaaspek yang akanlebihbaik. Jikadilakukanperbaikansepertipelayanan yang diberikan, kelengkapanfasilitasdanlain – lain. Kata Kunci :KualitasPelayanan, KepuasanPelanggan