PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PELANGGAN PADA SWALAYAN ALFAMART SAMPANGAN SEMARANG
Daftar Isi:
- Munculnya mini market di tengah-tengah masyarakat mengakibatkan meningkatnya persaingan yang semakin ketat di antara mini market tersebut. Dalam hal ini pedagang atau penjual barang harus mampu bersaing untuk mengungguli pesaingnya dengan cara memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kualitas pelayanan merupakan hal yang terpenting dalam memuaskan konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tangibles, empathy, reliability, responsiveness, assurance terhadap kepuasan konsumen di Alfamart. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : Variabel tangibles berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel emphaty berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel reliability berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel responsiveness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel assurence berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.