PENGARUH SALES PROMOTION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MEDIASI IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN BATU MARMER DI BEKASI DAN JAKARTA
Daftar Isi:
- Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting perusahaan. Bagian pemasaran memiliki tanggung jawab untuk mempengaruhi konsumen melalui beberapa kegiatan yang terkoordinasi. Banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi kepuasan konsumen. Produk atau jasa yang diberikan memenuhi ekspetasi konsumen, konsumen akan merasa puas atau kecewa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen batu marmer di Bekasi dan Jakarta dilihat dari sisi sales promotion, kulitas produk, dan impulse buying. Penelitian ini menggunakan explanatory research dimana berupaya menguji pengaruh antara sales promotion, kulitas produk, dan impulse buying terhadap kepuasan konsumen di Bekasi dan Jakarta. Peneliti menggunakan Rumus Lemeshow. Untuk mengumpulkan sampel representatif dari 97 orang yang menjawab, Ini dilakukan karena populasi sasaran terlalu besar dengan banyak variabel. Pengolahan datanya menggunakan Smart PLS 3.2.9. Hasil temuan penelitian sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (P Values 0,000), dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying (P Values 0,000). Impulse buying berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (P Values 0,038) dan kualitas produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (P Values 0,023). Kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying (P Values 0,490), dimana impulse buying memediasi pengaruh sales promotion terhadap kepuasan konsumen (P Values 0,039) dan tidak memediasi pengaruh kulitas produk terhadap kepuasan konsumen (P Values 0,476).