SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CRM (STUDI KASUS CV TEMONDO) Coffee Sales Information System to Improve Customer Loyalty Using CRM Methods (Case Study of CV Temondo)

Main Author: Lestari, Indah Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/1931/1/13.%20ABSTRAK1.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1931/2/14.%20BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1931/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1931/
Daftar Isi:
  • CV Temondo adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam penjualan kopi biji dan kopi bubu, dimana selama ini proses pemasaran produk masih menggunakan pertukaran informasi dari muluk ke mulut. Terlebih lagi bidang usaha ini sangatlah melibatkan banyak pihak manusia didalamnya, seperti halnya karyawan, customer, partner maupun mediator pendukung lainnya, selain masalah itu data costumer tidak tersimpan ketika ingin melakukan pembelian baik jumlah sedikit maupun banyak, dalam menyajikan informasi kurang adanya interaksi antara pelanggan dan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem dengan metode Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan yang diberikan perusahaan kepada calon pelanggan maupun pelanggan dan meningkatkan pelayanan yang dapat memberikan informasi berguna bagi calon pelanggan dan pelanggan sekaligus menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Dari masalah tersebut maka dibangun sebuah “Sistem Informasi Penjualan Kopi Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode CRM (Studi Kasus CV Temondo)”. Pengembangan sistem informasi penjualan kopi dengan berbasis Web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan toolsadobe dreamwever sebagai editor penulisan code PHP dan HTML, MySQL sebagai database dengan tools SQLYog. Hasil dari pengujian kualitas sistem menggunakan Blackbox dan kuisoner kepuasan pelanggan yang meliputi karakteristik usability didapatkan hasil pengujian blackbox diperoleh nilai presentase sebesar 100%, dan hasil pengujian usability diperoleh nilai presentase sebesar 91,11%.