THE EFFECT OF DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TO STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT STATE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL

Main Authors: MESY LESTARI APRILIYANI, TE 151594, Jannah, Siti Raudhatul, Mahmudah, Faiqah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2401/1/TE151594_MESY%20LESTARI%20APRILIYANI_PBI%20-%20Mesy%20Lestari.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2401/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris tentang keefektifitasan strategi kegiatan berfikir membaca langsung (direct reading thinking activity)dalam pemahaman bacaan teks deskripsi siswa kelas delapan MTsN 2 Batanghari Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keefektifitasan strategi direct reading thinking activityterhadap pemahaman bacaan teks deskripsi siswa. Teknik yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain kuasi-ekperimental. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Melalui teknik sampel tersebut, dua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang setiap kelasnya terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang dilaksanakan dua kali yaitu pre-test dan post-test. Jumlah setiap soal adalah 20 soal pilihan ganda. Teknik data analisis yang digunakan adalah t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pemahaman membaca teks deskripsi siswa setelah menggunakan strategi direct reading thinking activity.Peneliti melihat bahwa nilai siswa dalam deskriptif teks sebelum dan sesudah menggunakan strategi direct reading thinking activity adalah 51.04 dan 78.75. Ada pengaruh siswa dalam pemahaman membaca pada deskriptif teks karena hasilt-test yaitu 14.043 lebih besar daripada t-table yaitu 1.714. Dan signifikan (2-tailed) = 0.000 dimana lebih rendah dari 0.05. Dalam hal tersebut, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa direct reading thinking activity efektif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca teks deskripsi siswa kelas delapan MTsN 2 Batanghari