PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA UNIT GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT SUAKA INSAN BANJARMASIN
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pasien pada Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin. Variabel penelitian yang digunakan adalah marketing mix menurut Robert Lauterborn yang dikenal dengan 4C yaitu : Customer Solution(X1) Customer Cost(X2), Convinience(X3), dan Communication(X4) sebagai variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pasien (Y) . Metode penelitian yang digunakan adalah model analisis deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik accidental sampling, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari responden pada jawaban tertulis dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Sedangkan data sekunder adalah data yang tidak secara langsung diperoleh dari jurnal, literatur, studi pusktaka dan dari peneliti terdahulu maupun sumber data lainnya yang bersifat tidak langsung. Penelitian ini menggunakan Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS).