Pengaruh Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian dipengaruhi melalui Media Sosial Instagram)

Main Author: Machmud, Moch. Zulkifli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/24/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/3/BAB%20II.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/4/BAB%20III.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/24/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh variabel Kelompok Persahabatan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (2) pengaruh variabel Kelompok Dunia Maya terhadap variabel Keputusan Pembelian; (3) pengaruh variabel Kelompok Persahabatan dan variabel Kelompok Dunia Maya secara bersama-sama terhadap variabel Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian melalui Media Sosial Instagram, dengan teknik purposive sampling, menggunakan rumus Machin dan Champbell diambil sampel sebesar 106 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data secara deskriptif dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel Kelompok Persahabatan (X1) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,581; (2) variabel Kelompok Dunia Maya (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,483; (3) variabel Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya (X1) dan (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,235.