Pengaruh E-Service Quality Terhadap E–Word Of Mouth Pada Situs Belanja Online Tokopedia Dengan E- Customer Satisfication Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Tokopedia Indonesia)

Main Author: Kencana, Rosita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170140/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel e-service quality dan variabel e-customer satisfaction terhadap variabel e-word of mouth konsumen Tokopedia baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden yang diambil dari populasi konsumen Tokopedia dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah variabel e-service quality mempunyai pengaruh secara langsung terhadap e-word of mouth. Variabel e-service quality juga mempunyai pengaruh secara langsung terhadap e-customer satisfaction. Variabel e-customer satisfaction mempunyai pengaruh secara langsung terhadap e-word of mouth. Variabel e-customer satisfaction memediasi pengaruh variabel e-service quality terhadap variabel e-word of mouth pada konsumen situs belanja online Tokopedia Indonesia.