Hubungan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Sebagai Pelanggan (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa “Maju Makmur” Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)
Main Author: | Dewi, Pegi Ayu Irana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165881/1/PEGI%20AYU%20IRANA%20DEWI.pdf http://repository.ub.ac.id/165881/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan merupakan unsur yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatan sebuah kualitas pelayanan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan, salah satunya adalah kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan dan sejauh mana hubungan kualitas pelayanan serta faktor mana yang paling dominan dan yang memiliki hubungan paling besar terhadap kepuasan. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Dengan prosedur pengumpulan data survei. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala likert. Metode penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan nilai toleransi 10% sehingga di dapatkan 63,63 sampel yang dibulatkan menjadi 64 sampel dari 175 populasi petani yang menjadi anggota Gabungan Kelompok Tani. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer melalui kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, uji korelasi. Hasil penelitian mennjukan bahwa ada hubungan yang positif sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukan oleh koefisiensi product moment sebesar 0.706 dan diambil dari nilai koefisiensi terbesar dari kelima variabel yang digunakan. Dapat dilihat bahwa nilai signifikan lebih kecil dari pada alpha (0,000<0,05) sehingga H0 ditolak dengan kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara jaminan dengan kepuasan konsumen