Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan)

Main Author: Salma, Istania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf
http://repository.ub.ac.id/162021/
ctrlnum 162021
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/162021/</relation><title>Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan&#xD; Business Process Improvement (Bpi), Root Cause&#xD; Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef)&#xD; Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan&#xD; (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp)&#xD; Aditya Iskandar Dan Rekan)</title><creator>Salma, Istania</creator><subject>352.38 Information management</subject><description>KJPP Aditya Iskandar dan Rekan merupakan sebuah badan usaha yang bergerak&#xD; pada bidang Jasa Penilai. KJPP Aditya Iskandar dan Rekan menyediakan beberapa&#xD; layanan jasa penilaian dan konsultasi yang prosesnya dimulai dari penerimaan&#xD; pesanan dari klien, perincian kebutuhan penilaian objek pesanan klien sampai&#xD; dengan pengiriman laporan ke klien. Dalam menjalankan proses bisnis yang ada,&#xD; terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai target sehingga menghambat&#xD; aktivitas perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan perbaikan proses&#xD; bisnis. Langkah yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses&#xD; bisnis yang berjalan saat ini yaitu dengan mengidentidikasi proses bisnis utama&#xD; dan pendukung menggunakan Value Shop Anaysis, lalu melakukan pemodelan&#xD; menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian&#xD; memetakan quality factor dan menentukan target serta kalkuasi sesuai dengan&#xD; rumus yang ada pada metode QEF (Quality Evaluation Framework). Setelah quality&#xD; factor dan target perusahaan didapatkan dengan metode QEF, maka akan dicari&#xD; akar permasalahannya menggunakan metode Root Cause Analysis dengan teknik&#xD; Fishbone Analysis. Selanjutnya digunakan metode BPI (Business Process&#xD; Improvement) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis perbaikan yang&#xD; harapannya dapat digunakan perusahaan memperbaiki proses bisnis yang telah&#xD; ada sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis&#xD; Penerimaan Pesanan dari Klien, jika rekomendasi dijalankan akan meningkatkan&#xD; kinerja perusahaan hingga 92,68 %.</description><date>2018-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf</identifier><identifier> Salma, Istania (2018) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/452/051808057</relation><recordID>162021</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Salma, Istania
title Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan)
publishDate 2018
topic 352.38 Information management
url http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf
http://repository.ub.ac.id/162021/
contents KJPP Aditya Iskandar dan Rekan merupakan sebuah badan usaha yang bergerak pada bidang Jasa Penilai. KJPP Aditya Iskandar dan Rekan menyediakan beberapa layanan jasa penilaian dan konsultasi yang prosesnya dimulai dari penerimaan pesanan dari klien, perincian kebutuhan penilaian objek pesanan klien sampai dengan pengiriman laporan ke klien. Dalam menjalankan proses bisnis yang ada, terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai target sehingga menghambat aktivitas perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan perbaikan proses bisnis. Langkah yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses bisnis yang berjalan saat ini yaitu dengan mengidentidikasi proses bisnis utama dan pendukung menggunakan Value Shop Anaysis, lalu melakukan pemodelan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian memetakan quality factor dan menentukan target serta kalkuasi sesuai dengan rumus yang ada pada metode QEF (Quality Evaluation Framework). Setelah quality factor dan target perusahaan didapatkan dengan metode QEF, maka akan dicari akar permasalahannya menggunakan metode Root Cause Analysis dengan teknik Fishbone Analysis. Selanjutnya digunakan metode BPI (Business Process Improvement) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis perbaikan yang harapannya dapat digunakan perusahaan memperbaiki proses bisnis yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis Penerimaan Pesanan dari Klien, jika rekomendasi dijalankan akan meningkatkan kinerja perusahaan hingga 92,68 %.
id IOS4666.162021
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:46:46Z
last_indexed 2021-10-28T07:46:33Z
recordtype dc
_version_ 1751454346663428096
score 17.538404