Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan)
Main Author: | Salma, Istania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf http://repository.ub.ac.id/162021/ |
ctrlnum |
162021 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/162021/</relation><title>Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan
Business Process Improvement (Bpi), Root Cause
Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef)
Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan
(Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp)
Aditya Iskandar Dan Rekan)</title><creator>Salma, Istania</creator><subject>352.38 Information management</subject><description>KJPP Aditya Iskandar dan Rekan merupakan sebuah badan usaha yang bergerak
pada bidang Jasa Penilai. KJPP Aditya Iskandar dan Rekan menyediakan beberapa
layanan jasa penilaian dan konsultasi yang prosesnya dimulai dari penerimaan
pesanan dari klien, perincian kebutuhan penilaian objek pesanan klien sampai
dengan pengiriman laporan ke klien. Dalam menjalankan proses bisnis yang ada,
terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai target sehingga menghambat
aktivitas perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan perbaikan proses
bisnis. Langkah yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses
bisnis yang berjalan saat ini yaitu dengan mengidentidikasi proses bisnis utama
dan pendukung menggunakan Value Shop Anaysis, lalu melakukan pemodelan
menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian
memetakan quality factor dan menentukan target serta kalkuasi sesuai dengan
rumus yang ada pada metode QEF (Quality Evaluation Framework). Setelah quality
factor dan target perusahaan didapatkan dengan metode QEF, maka akan dicari
akar permasalahannya menggunakan metode Root Cause Analysis dengan teknik
Fishbone Analysis. Selanjutnya digunakan metode BPI (Business Process
Improvement) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis perbaikan yang
harapannya dapat digunakan perusahaan memperbaiki proses bisnis yang telah
ada sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis
Penerimaan Pesanan dari Klien, jika rekomendasi dijalankan akan meningkatkan
kinerja perusahaan hingga 92,68 %.</description><date>2018-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf</identifier><identifier> Salma, Istania (2018) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/452/051808057</relation><recordID>162021</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Salma, Istania |
title |
Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan
Business Process Improvement (Bpi), Root Cause
Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef)
Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan
(Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp)
Aditya Iskandar Dan Rekan) |
publishDate |
2018 |
topic |
352.38 Information management |
url |
http://repository.ub.ac.id/162021/1/Istania%20Salma.pdf http://repository.ub.ac.id/162021/ |
contents |
KJPP Aditya Iskandar dan Rekan merupakan sebuah badan usaha yang bergerak
pada bidang Jasa Penilai. KJPP Aditya Iskandar dan Rekan menyediakan beberapa
layanan jasa penilaian dan konsultasi yang prosesnya dimulai dari penerimaan
pesanan dari klien, perincian kebutuhan penilaian objek pesanan klien sampai
dengan pengiriman laporan ke klien. Dalam menjalankan proses bisnis yang ada,
terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai target sehingga menghambat
aktivitas perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan perbaikan proses
bisnis. Langkah yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses
bisnis yang berjalan saat ini yaitu dengan mengidentidikasi proses bisnis utama
dan pendukung menggunakan Value Shop Anaysis, lalu melakukan pemodelan
menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian
memetakan quality factor dan menentukan target serta kalkuasi sesuai dengan
rumus yang ada pada metode QEF (Quality Evaluation Framework). Setelah quality
factor dan target perusahaan didapatkan dengan metode QEF, maka akan dicari
akar permasalahannya menggunakan metode Root Cause Analysis dengan teknik
Fishbone Analysis. Selanjutnya digunakan metode BPI (Business Process
Improvement) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis perbaikan yang
harapannya dapat digunakan perusahaan memperbaiki proses bisnis yang telah
ada sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis
Penerimaan Pesanan dari Klien, jika rekomendasi dijalankan akan meningkatkan
kinerja perusahaan hingga 92,68 %. |
id |
IOS4666.162021 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:46:46Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454346663428096 |
score |
17.538404 |