Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Peserta Bpjs Pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit X

Main Author: Ririn, HinuTriSulistijorini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157106/
ctrlnum 157106
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157106/</relation><title>Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Peserta Bpjs Pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit X</title><creator>Ririn, HinuTriSulistijorini</creator><subject>362.1 People with physical illnesses</subject><description> Di era BPJS saat ini terjadi perubahan sistem pelayanan di RS X. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa pasien peserta BPJS merasa kurang puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain prosedur pelayanan yang berbelit-belit, regulasi rujukan yang sulit, dan pembatasan jumlah obat. Ketidakpuasan ini akan menimbulkan tingkat loyalitas yang rendah sesuai dengan penelitian Elrado et al. (2014) yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Hal ini berbeda dengan penelitian Limantara (2015) yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi secara tidak langsung kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan melalui kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien peserta BPJS pada poliklinik rawat jalan RS X. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS pada poli rawat jalan di RS X yang berusia 17 tahun berjumlah 100 orang yang pernah memanfaatkan pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien serta berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien.&#xD; </description><date>2016-08-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ririn, HinuTriSulistijorini (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Peserta Bpjs Pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit X. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/362.110 68/RIN/p/2016/041611443</relation><recordID>157106</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Ririn, HinuTriSulistijorini
title Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Peserta Bpjs Pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit X
publishDate 2016
topic 362.1 People with physical illnesses
url http://repository.ub.ac.id/157106/
contents Di era BPJS saat ini terjadi perubahan sistem pelayanan di RS X. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa pasien peserta BPJS merasa kurang puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain prosedur pelayanan yang berbelit-belit, regulasi rujukan yang sulit, dan pembatasan jumlah obat. Ketidakpuasan ini akan menimbulkan tingkat loyalitas yang rendah sesuai dengan penelitian Elrado et al. (2014) yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Hal ini berbeda dengan penelitian Limantara (2015) yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi secara tidak langsung kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan melalui kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien peserta BPJS pada poliklinik rawat jalan RS X. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS pada poli rawat jalan di RS X yang berusia 17 tahun berjumlah 100 orang yang pernah memanfaatkan pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien serta berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien.
id IOS4666.157106
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:10Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:50Z
recordtype dc
_version_ 1751454393233833984
score 17.538404