Analisis Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Metode SERVQUAL (Service Quality) dan QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di Prime Chicken)

Main Author: Puspita, ArintaDea
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149668/1/SKRIPSI_%28full%29_-_Arinta_Dea_Puspita__%28ada_SCAN_TTD%29_BISMILLAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/149668/
ctrlnum 149668
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/149668/</relation><title>Analisis Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Metode SERVQUAL (Service Quality) dan QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di Prime Chicken).</title><creator>Puspita, ArintaDea</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Dewasa ini restoran cepat saji di Indonesia terus berkembang secara terus menerus, bahkan bisnis ini mulai menjamur di kota-kota kecil. Intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap pelaku usaha restoran cepat saji termasuk Prime Chicken untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kesenjangan antara persepsi dan harapan konsumen serta mendapatkan perbaikan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada penelitian ini, metode SERVQUAL menggunakan dimensi pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy sebagai atribut pertanyaan dalam kuesioner. Analisis gap 5 diperoleh dari selisih tingkat persepsi dan tingkat harapan pelanggan, dari analisis gap 5 tersebut diperoleh gap 5 yang bernilai negatif. Gap 5 yang bernilai negatif berupa atribut yang diinginkan pelanggan untuk dilakukan perbaikan (voice of customer). Voice of customer (VOC) akan digunakan pada matriks kebutuhan pelanggan pada house of quality yang merupakan alat dari metode QFD. Hasil penelitian menunjukkan atribut pada dimensi tangible, yaitu pada atribut kegunaan dari berbagai media dapat berjalan dengan baik sebagai promosi dengan memiliki tingkat persepsi 1,8, tingkat harapan 4,08, sehingga memiliki nilai gap 5 negatif terbesar yaitu -2,22. Rekomendasi berdasarkan prioritas utama yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan terlebih berdasarkan metode QFD adalah pembuatan konsep iklan yang menarik sebagai media promosi yang informatif serta penyediaan sarana promosi dan informasi dengan menggunakan media elektronik berupa website dan social media.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/149668/1/SKRIPSI_%28full%29_-_Arinta_Dea_Puspita__%28ada_SCAN_TTD%29_BISMILLAH.pdf</identifier><identifier> Puspita, ArintaDea (2014) Analisis Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Metode SERVQUAL (Service Quality) dan QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di Prime Chicken). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2014/273/051404346</relation><recordID>149668</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Puspita, ArintaDea
title Analisis Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Metode SERVQUAL (Service Quality) dan QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di Prime Chicken)
publishDate 2014
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/149668/1/SKRIPSI_%28full%29_-_Arinta_Dea_Puspita__%28ada_SCAN_TTD%29_BISMILLAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/149668/
contents Dewasa ini restoran cepat saji di Indonesia terus berkembang secara terus menerus, bahkan bisnis ini mulai menjamur di kota-kota kecil. Intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap pelaku usaha restoran cepat saji termasuk Prime Chicken untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kesenjangan antara persepsi dan harapan konsumen serta mendapatkan perbaikan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada penelitian ini, metode SERVQUAL menggunakan dimensi pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy sebagai atribut pertanyaan dalam kuesioner. Analisis gap 5 diperoleh dari selisih tingkat persepsi dan tingkat harapan pelanggan, dari analisis gap 5 tersebut diperoleh gap 5 yang bernilai negatif. Gap 5 yang bernilai negatif berupa atribut yang diinginkan pelanggan untuk dilakukan perbaikan (voice of customer). Voice of customer (VOC) akan digunakan pada matriks kebutuhan pelanggan pada house of quality yang merupakan alat dari metode QFD. Hasil penelitian menunjukkan atribut pada dimensi tangible, yaitu pada atribut kegunaan dari berbagai media dapat berjalan dengan baik sebagai promosi dengan memiliki tingkat persepsi 1,8, tingkat harapan 4,08, sehingga memiliki nilai gap 5 negatif terbesar yaitu -2,22. Rekomendasi berdasarkan prioritas utama yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan terlebih berdasarkan metode QFD adalah pembuatan konsep iklan yang menarik sebagai media promosi yang informatif serta penyediaan sarana promosi dan informasi dengan menggunakan media elektronik berupa website dan social media.
id IOS4666.149668
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:51:01Z
last_indexed 2021-10-28T07:37:00Z
recordtype dc
_version_ 1751454596694278144
score 17.538404