Analisis Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus UKM Mawadah Ratu Malang)
Main Author: | PutriR, Aprilliya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149432/1/051304554.pdf http://repository.ub.ac.id/149432/ |
Daftar Isi:
- Perencanaan strategi adalah penentuan kebijakan perusahaan untuk mencapai tujuan, dan kualitas pelayanan adalah indikator kinerja perusahaan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Perencanaan strategi peningkatan pelayanan kepada konsumen adalah suatu tindakan penyusunan strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Mawadah Ratu merupakan salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang pangan yaitu roti yang berada di Malang, Jawa Timur. Permasalahan yang dialami Mawadah Ratu adalah kurang mampu jika harus bersaing dengan pesainganya dari segi promosi dan ingin meningkatkan kualitas pelayanan konsumen. Mawadah Ratu perlu membuat suatu perencanaan strategi yang sesuai dengan keinginan konsumen. Proses analisa dan perencanaan strategi peningkatan pelayanan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini dilakukan di Mawadah Ratu. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Juli 2012 dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah QFD untuk menganalisa strategi peningkatan kualitas pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa item-item pertanyaan yang berjumlah 12 item baik untuk kuesioner tingkat kepentingan maupun tingkat kepuasan semuanya valid dan reliable. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan konsumen yang dapat diterapakan di Mawadah Ratu adalah dengan membuat jadwal kerja yang jelas untuk karyawan dalam menjaga outlet , membuat jadwal pembersihan outlet, membuat media informasi (pamflet dan brosur), mempertimbangkan untuk menyediakan produk dalam kemasan kardus kecil, dan membuka outlet di tepi jalan raya atau bekerja sama dengan pihak lain.