Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Merek Teh Botol Sosro Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: MahardikaPrasetyaAmumpuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103335/1/050801831.pdf
http://repository.ub.ac.id/103335/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari bauran pemasaran yang meliputi variabel Produk (X 1 ), harga (X 2 ),saluran distribusi (X 3 ), dan promosi (X 4 ) terhadap keputusan pembelian Minuman ringan merek teh botol Sosro (Y), serta untuk mengetahui bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah penjelasan (explanatory reseach) , populasi penelitian meliputi Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan menggunakan pendekatan Slovin. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji asumsi klasik. Dari hasil analisa data yang dilakukan hasil uji Regresi linier berganda dapat diketahui bahwa semua variabel bebas (x 1 ,x 2 ,x 3 dan x 4 ) searah atau positif terhadap keputusan pembelian (y). Dari pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa bahwa variabel bebas (x 1 ,x 2 ,x 3 ,dan x 4 ) secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (y) minuman ringan merek teh botol Sosro. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang erat antara variabel bebas (x 1 ,x 2 ,x 3 ,dan x 4 ) dengan variabel terikat (y). Dan variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian minuman ringan merek teh botol Sosro adalah variabel promosi (x 3 )