PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Goronta

Main Author: WAWAN RUSNGALIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
B
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408041/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-team-achievement-divisions-stadterhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadusuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-b-smp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo-provinsi-goronta.html
ctrlnum ai:ung-211408041-6
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Goronta</title><creator>WAWAN RUSNGALIM</creator><subject>Pengaruh, Penggunaan, Model, Pembelajaran, Kooperatif, Tipe, Student, Team, Achievement, Divisions, (stad)terhadap, Hasil, Belajar, Siswa, Pada, Mata, Pelajaran, Ips, Terpadu (suatu, Penelitian, Pada, Siswa, Kelas, Viii, B, Smp, Negeri, 1, Wonosari Kabupaten, Boalemo, Provinsi, Goronta</subject><description>Wawan Rusngalim. 2012. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hais Dama, SE, M.Si dan pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode ini adalah mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian melalui uji statistik dengan menggunakan rumus regresi: = a + bX diperoleh persamaan regresi = 12 + 0,52 X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu satuan pada variabel penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka akan diikuti penambahan 0,52 satuan pada variabel hasil belajar siswa. Persamaan regresi Y atas X yang diperoleh dapat dianggap linear atau tidak. Dari total Anava diperoleh F hitung = 0,57 sedangkan F daftar = 4,54 hal ini berarti bahwa F hitung &lt; F daftar yaitu 0,57 &lt; 4,54. Dengan demikian uji keberartian persamaan regresi yang telah dilakukan dapat diterima atau berarti. Kemudian untuk pengujian keberartian regresi diperoleh F hitung = 18,86 dan F daftar = 2,60 hal ini berarti bahwa F hitung &gt; F daftar yaitu 18,86 &gt; 2,60, sehingga ketergantungan Y dan X pada persamaan regresi ini sangat berarti. Berdasarkan hasil uji statistik seperti yang tercantum di atas, maka hipotesis yang berbunyi: Terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan hasil belajar siswa dapat diterima. Katakunci: Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa.</description><publisher>Universitas Negeri Gorontalo</publisher><date>2012-09-20</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408041/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-team-achievement-divisions-stadterhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadusuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-b-smp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo-provinsi-goronta.html</identifier><right/><recordID>ai:ung-211408041-6</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author WAWAN RUSNGALIM
title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Goronta
publisher Universitas Negeri Gorontalo
publishDate 2012
topic Pengaruh
Penggunaan
Model
Pembelajaran
Kooperatif
Tipe
Student
Team
Achievement
Divisions
(stad)terhadap
Hasil
Belajar
Siswa
Pada
Mata
Pelajaran
Ips
Terpadu (suatu
Penelitian
Kelas
Viii
B
Smp
Negeri
1
Wonosari Kabupaten
Boalemo
Provinsi
Goronta
url http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408041/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-team-achievement-divisions-stadterhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadusuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-b-smp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo-provinsi-goronta.html
contents Wawan Rusngalim. 2012. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hais Dama, SE, M.Si dan pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode ini adalah mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian melalui uji statistik dengan menggunakan rumus regresi: = a + bX diperoleh persamaan regresi = 12 + 0,52 X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu satuan pada variabel penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka akan diikuti penambahan 0,52 satuan pada variabel hasil belajar siswa. Persamaan regresi Y atas X yang diperoleh dapat dianggap linear atau tidak. Dari total Anava diperoleh F hitung = 0,57 sedangkan F daftar = 4,54 hal ini berarti bahwa F hitung < F daftar yaitu 0,57 < 4,54. Dengan demikian uji keberartian persamaan regresi yang telah dilakukan dapat diterima atau berarti. Kemudian untuk pengujian keberartian regresi diperoleh F hitung = 18,86 dan F daftar = 2,60 hal ini berarti bahwa F hitung > F daftar yaitu 18,86 > 2,60, sehingga ketergantungan Y dan X pada persamaan regresi ini sangat berarti. Berdasarkan hasil uji statistik seperti yang tercantum di atas, maka hipotesis yang berbunyi: Terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan hasil belajar siswa dapat diterima. Katakunci: Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa.
id IOS4521.ai:ung-211408041-6
institution Universitas Negeri Gorontalo
institution_id 373
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo
library_id 307
collection Karya Ilmiah UNG
repository_id 4521
subject_area General Publications/Terbitan Berseri, Berkala Umum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika
city GORONTALO
province GORONTALO
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4521
first_indexed 2019-08-01T06:58:13Z
last_indexed 2019-08-01T06:58:13Z
recordtype dc
_version_ 1686137139088064512
score 17.538404