Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getasrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getasrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket dan melakukan tes hasil belajar siswa kelas V di MI NU Islahussalafiyah sebanyak 40 siswa. Metode analisis regresi sederhana dengan bantuan program olah data SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) sebesar 65,375 termasuk dalam kategori “Baik” karena masuk dalam interval 64-70. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V sebesar 77,125 (interval 73-86) tergolong kategori “Baik”. Jadi, model pembelajaran (STAD) memberikan kontribusi sebesar 39,8% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung variabel model pembelajaran (STAD) sebesar 5,009 lebih besar dari ttabel (2,024), maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran (STAD) terhadap hasil belajar siswa diterima. Artinya, model pembelajaran (STAD) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar SKI kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getasrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020