ctrlnum 2095
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/</relation><title>ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN RATING SCALE PADA PEMBELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS DI MTS NU NURUL HUDA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018</title><creator>SUKMA, FIRDA ARISTYANA</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><subject>Guru</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengukur kefasihan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang berlatar belakang non TPQ pada pembelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian aspek keterampilan rating scale pada pembelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hasil penilaian aspek keterampilan rating scale pada pembelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus 2017/2018.&#xD; Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (objektivitas). Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU Nurul Huda Kudus.&#xD; Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Guru al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus mempunyai strategi menggunakan rating scale dengan tujuan untuk mengukur kefasihan membaca al-Qur&#x2019;an siswa dan mengukur pemahaman siswa setelah mempelajari penerapan tajwid dalam al-Qur&#x2019;an. Penyusunan instrumen penilaian aspek keterampilan rating scale yang dilakukan oleh guru al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus yaitu dengan menentukan tujuan, membuat aspek yang akan dinilai, dilanjutkan membuat tabel rentangan beserta skor rentangan angka. (2) Dalam pelaksanaanya siswa diminta maju dan praktik membaca ayat al-Qur&#x2019;an yang ada di LKS satu-satu dimeja guru dengan disimak oleh guru dan guru langsung menilai dari pengamatan yang dilakukan, masing-masing siswa dikasih durasi kurang lebih 2 menit. Selain diminta maju satu-satu, guru juga mempunyai strategi lain yaitu dengan penilaian antar teman. (3) Hasil penilaian siswa dalam praktek membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang berlatar belakang non TPQ pada pembelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits di kelas VIID MTs NU Nurul Huda Kudus terdapat hampir sebagian siswa kurang baik dalam membaca al-Qur&#x2019;an, hal ini terlihat dari hasil persentase yang didapatkan peneliti adalah 41%. Dari 22 siswa terdapat 9 siswa yang dikatakan kurang fasih dalam hal membaca al-Qur&#x2019;an karena ketika diminta untuk praktek membaca al-Qur&#x2019;an dari segi kelancaran, panjang pendek ketika melafalkan al-Qur&#x2019;an, makhrajnya yang dibunyikan dan penerapan tajwid dalam membacanya dikatakan masih kurang</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/2/02.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/4/04.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/5/05.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/6/06.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/7/07.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/8/08.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SUKMA, FIRDA ARISTYANA (2017) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN RATING SCALE PADA PEMBELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS DI MTS NU NURUL HUDA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>2095</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUKMA, FIRDA ARISTYANA
title ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN RATING SCALE PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU NURUL HUDA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
publishDate 2017
topic Pendidikan Islam
Guru
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/1/01.%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/2/02.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/4/04.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/5/05.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/6/06.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/7/07.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/8/08.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2095/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengukur kefasihan membaca al-Qur’an siswa yang berlatar belakang non TPQ pada pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian aspek keterampilan rating scale pada pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hasil penilaian aspek keterampilan rating scale pada pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus 2017/2018. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (objektivitas). Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU Nurul Huda Kudus. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Guru al-Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus mempunyai strategi menggunakan rating scale dengan tujuan untuk mengukur kefasihan membaca al-Qur’an siswa dan mengukur pemahaman siswa setelah mempelajari penerapan tajwid dalam al-Qur’an. Penyusunan instrumen penilaian aspek keterampilan rating scale yang dilakukan oleh guru al-Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Huda Kudus yaitu dengan menentukan tujuan, membuat aspek yang akan dinilai, dilanjutkan membuat tabel rentangan beserta skor rentangan angka. (2) Dalam pelaksanaanya siswa diminta maju dan praktik membaca ayat al-Qur’an yang ada di LKS satu-satu dimeja guru dengan disimak oleh guru dan guru langsung menilai dari pengamatan yang dilakukan, masing-masing siswa dikasih durasi kurang lebih 2 menit. Selain diminta maju satu-satu, guru juga mempunyai strategi lain yaitu dengan penilaian antar teman. (3) Hasil penilaian siswa dalam praktek membaca al-Qur’an siswa yang berlatar belakang non TPQ pada pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas VIID MTs NU Nurul Huda Kudus terdapat hampir sebagian siswa kurang baik dalam membaca al-Qur’an, hal ini terlihat dari hasil persentase yang didapatkan peneliti adalah 41%. Dari 22 siswa terdapat 9 siswa yang dikatakan kurang fasih dalam hal membaca al-Qur’an karena ketika diminta untuk praktek membaca al-Qur’an dari segi kelancaran, panjang pendek ketika melafalkan al-Qur’an, makhrajnya yang dibunyikan dan penerapan tajwid dalam membacanya dikatakan masih kurang
id IOS4368.2095
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2018-05-10T02:21:43Z
last_indexed 2019-05-07T08:15:34Z
recordtype dc
_version_ 1686121749750480896
score 17.538404