PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG

Main Author: NURUL CHINTYA CHARDI SUBING, 1513053142
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61118/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61118/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61118/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61118/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran AIR dengan yang menggunakan model konvensional serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksprimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang yang berjumlah 48 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model AIR dengan model pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang dan terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gunung Terang. Kata kunci: auditory intellectually repetition, hasil belajar, tematik. The problem in this study was the low student learning outcomes. This study aims to determine the differences in the thematic learning outcomes of students who use the AIR learning model with those using conventional models and to determine the effect of the AIR learning model on student learning outcomes. The method used was a quasi-experimental study design with a non equivalent control group design. The instruments in this study were tests and non-tests. The population in this study were all students of class V SD Negeri 2 Gunung Terang, amounting to 48 students divided into two classes. Data were analyzed using t test and simple linear regression. The results of the study concluded that there are differences in learning outcomes using the AIR model with conventional learning models that use the lecture and question and answer method in grade V students of SD Negeri 2 Gunung Terang and there is an effect of the AIR learning model on the thematic learning outcomes of grade V students of SD Negeri 2 Gunung Terang. Keywords: auditory intellectually repetition, learning outcomes, thematic.