PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT GUNA MERAIH PANGSA PASAR PADA PERUSAHAAN KULIT PT.KEBALEN TIMUR MALANG

Main Author: Ronald Adi Saputra, Mirza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/13191/1/PENETAPAN_STRATEGI_PEMASARAN_YANG_TEPAT_GUNA_MERAIH_PANGSA_PASAR_PADA_PERUSAHAAN_KULIT_PT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/13191/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertempat di perusahaan kulit PT. Kebalen Timur Malang. Perusahaan ini mengolah kulit mentah menjadi kulit jadi uyang siap dipasarkan kembali pada perusahaan –perusahaan pengolah kulit jadi, seperti perusahaan tas, sepatu, ikat pinggang dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi apa yang sesuai dengan kondisi yang tengah dihadapi oleh PT. Kebalen Timur saat ini. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan oleh perusahaan saat ini. Penelitian ini tidak menguji hipotesis atau tidak menguji hipotesis, melainkan hanya mendeskribsikan data-data yang dikumpulkan kemudian menganalisi dan mengambil kesimpulannya. Penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT, yaitu alat analisis yang berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi perusahaan.Setelah meneliti menggunakan alat analisi SWOT, peneliti lalu memberikan skor (analisi IFAS dan EFAS) kepada analsis SWOT Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, PT. Kebalen Timur memiliki kekuatan pada produk, pelayanan, harga yang terjangaku, biaya bahan baku yang rendah dan teknologi yang memadai. Sperti halnya pada perusahaan lain, PT. Kebalaen Timur juga memiliki kelemahan, yaitu promosi, jumlah tenaga kerja, variasi produk, daerah pemasaran dan tenaga ahli masih kurang. Sedangkan peluang yang ada ialah pertumbuhan penduduk tinggi, potensi pasar dan harga stabil. Ancaman yang ada anatra lain, persaingan semakin kuat, kondisi ekonomi kurang stabil, kenaikan harga BBM, letak pabrik didaerah pemukiman, kecurangan yang dilakukan oleh oknum pemerintah daerah. Menghadapi kondisi internal dan eksternal perusahaan yang kurang stabil, strategi yang tepat untuk diterapkan ialah startegi diferensiasi dan diversifikasi produk. PT. Kebalen Timur harus memiliki perbedaan dalam hal prduk, layanan dan personil. Guna mencapai tujuan dan misi perusahaa, maka diperlukan kerjasama yang berkesinambungan antara pimpinan dan karyawan.