Pengaruh Iklan, Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek AQUA
Daftar Isi:
- AQUA adalah salah satu pemain industri minuman terkemuka di Indonesia dan memiliki reputasi produk dan merek yang berkualitas terbaik. Hampir semua orang di Indonesia akan menyebutkan AQUA ketika akan membeli air mineral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan, brand image, dan brand trust terhadap keputusan pembelian air mineral merek AQUA. Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 responden. Hasil analisis yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh antara variabel iklan, brand image, dan brand trust terhadap keputusan pembelian air mineral merek AQUA, baik secara simultan (uji F) dan parsial (uji t). Melalui pengujian secara parsial (uji t), hasil dari hipotesis 1 yaitu iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Sig 0.002 < 0.01 dan besar pengaruhnya yaitu 10.89%. Untuk hipotesis 2, dengan nilai Sig 0.929 > 0.01 maka brand image tidak memengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan hipotesis 3, brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Sig 0.000 < 0.01 dan besar pengaruhnya 13.18%. Secara simultan (uji F), dapat disimpulkan bahwa iklan, brand image dan brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Sig 0.000 < 0.01 dan besar pengaruhnya 16.8%.