Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada One Eighty Coffee Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada One Eighty Coffee Bandung. Latar belakang dari penelitian ini adalah Perkembangan sektor usaha terutama pada bisnis makanan yang semakin maraknya bermunculan saat ini, yang membuat para pengusaha makanan yang dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda sehingga para pengusaha harus memiliki keunggulan untuk bersaing dengan para pesaingnya yaitu dalam bidang kuliner. Kini perkembangan usaha dalam bidang kuliner semakin bertumbuh pesat dikota Bandung sehingga para pengusaha harus membuat para pelanggannya agar tidak beralih kepada pesaing lain. Meningkatnya persaingan dalam bidang kuliner menyebabkan masing-masing para pengusaha berusaha memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya. Sehingga peneliti ingin melakukan penelitian di One Eighty Coffee Bandung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh elemen kualitas pelayanan yang diukur melalui 5 dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Berdasarkan dari tujuan penelitian, maka jenis penelitian ini adalah causal explanatory. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Bandung yang pernah mengunjungi One Eighty Coffee bandung, sementara kriteria sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat sekitar Universitas Kristen Maranatha yang pernah mengunjungi One Eighty Coffee Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan kuesioner yang diisi oleh 250 responden disekitar Universitas Kristen Maranatha Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tangibles dan empathy berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada One Eighty Coffee. Nilai Adjusted R2 menunjukkan pengaruh simultan antara tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sebesar 3.5% sedangkan sisanya 96.5% dipengaruhi oleh faktor lain.