Daftar Isi:
  • Perkembangan industri rokok yang pesat membuat perusahaan-perusahaan yang berkecimpung di dalamnya perlu untuk membuat strategi-strategi untuk memenangkan persaingan. Mereka harus dapat mempertahankan konsumen yang sudah mereka miliki dan secara aktif terus berusaha untuk mendapatkan konsumen baru yang potensial. Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan tersebut adalah keputusan dalam melakukan promosi khususnya melalui iklan televisi. Dengan adanya penilaian publik iklan televisi, membuat masyarakat menjadi percaya terhadap produk yang diiklankan, sehingga dapat mengarahkan konsumen ke tahapan-tahapan perhatian, minat, keinginan dan tindakan untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh penilaian publik iklan televisi Dji Sam Soe terhadap minat beli konsumen, dan penelitian ini dilakukan di Universitas Kristen Maranatha dengan mengambil populasi Mahasiswa Manajemen dan dibagikan kuesioner kepada 96 responden kemudian dibulatkan menjadi 100 responden. Dari hasil analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk variabel X (Penilaian Publik Iklan Televisi) dan variabel Y (Minat Beli) diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh antara penilaian publik iklan televisi rokok Dji Sam Soe (variabel X) terhadap minat beli konsumen (variabel Y). Hal ini terlihat dari persamaan regresinya, dimana nilai konstanta a sebesar 6,779 memiliki arti bahwa ketika variabel iklan televisi (X) bernilai nol atau tingkat minat beli konsumen (Y) tidak dipengaruhi oleh iklan televisi, maka rata-rata tingkat minat beli konsumen sebesar 6,779. Sedangkan koefisien regresi b sebesar 0.078;artinya jika penilaian publik mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka minat beli (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,078. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara penilaian publik iklan televisi dengan minat beli konsumen, semakin naik penilaian publik iklan televisi maka semakin meningkatkan minat beli konsumen.