Daftar Isi:
  • Situasi persaingan dalam dunia usaha sekarang ini sudah semakin kompetetif, di mana hal ini menuntut pelaku bisnis untuk mampu mempertahankan dan mengembangkan usaha bisnis mereka. Dalam persaingan ini, sebuah merek memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Merek sebagai pengingat bagi konsumen akan produk perusahaan dan juga untuk mendiferensiasikan dengan produk sejenis. PT. Mandom sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia memiliki merek yang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia yaitu Minyak Rambut Gatsby, memutuskan untuk melakukan perluasan merek (brand extension) pada merek Gatsby ini dengan mengeluarkan produk Sabun Mandi Gatsby. Penelitian ini dilakukan untuk menguji sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) pada Sabun Mandi merek Gatsby yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada responden yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) pada Sabun Mandi merek Gatsby adalah 1.95 yang termasuk kategori sensitif. Perubahan stimuli perluasan merek (brand extension) pada Sabun Mandi merek Gatsby berdasarkan atribut produk dan tahapan hierarchy of effect menunjukkan nilai Positif 129. Nilai positif ini menunjukkan bahwa stimuli yang melekat pada Sabun Mandi Gatsby mendapat respon lebih tinggi dari para konsumen dibandingkan dengan Minyak Rambut Gatsby yang telah ada sebelumnya.