ctrlnum 20724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20724/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL&#xD; PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING&#xD; CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN&#xD; ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT</title><creator>Samosir, Rahmi Anada</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD241 Organic chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia&#xD; siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan&#xD; Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini&#xD; adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari&#xD; tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara&#xD; undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan&#xD; kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas&#xD; eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk&#xD; mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda&#xD; berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model&#xD; pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan&#xD; perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang&#xD; sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir&#xD; dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya,&#xD; hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal.&#xD; Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk &#x3B1; = 0,05, karena thitung&#xD; berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t&lt;-1,974 dan t &gt;1,974&#xD; maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada&#xD; perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem&#xD; Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle.</description><date>2016-08-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/1/1.%20NIM%204123331040%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/2/2.%20NIM%204123331040%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/3/3.%20NIM%204123331040%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/4/4.NIM%204123331040%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/5/5.NIM%204123331040%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/6/6.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/7/7.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/8/8.NIM%204123331040%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/9/9.%20NIM%204123331040%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/10/13.NIM%204123331040%20%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/11/14.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Samosir, Rahmi Anada (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20724</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Samosir, Rahmi Anada
title PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
publishDate 2016
isbn 204123331040
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QD241 Organic chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/20724/1/1.%20NIM%204123331040%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/2/2.%20NIM%204123331040%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/3/3.%20NIM%204123331040%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/4/4.NIM%204123331040%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/5/5.NIM%204123331040%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/6/6.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/7/7.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/8/8.NIM%204123331040%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/9/9.%20NIM%204123331040%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/10/13.NIM%204123331040%20%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/11/14.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20724/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk α = 0,05, karena thitung berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-1,974 dan t >1,974 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle.
id IOS3150.20724
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
_version_ 1766033412935647232
score 17.538404