PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
ctrlnum |
20724 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20724/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING
CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN
ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT</title><creator>Samosir, Rahmi Anada</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD241 Organic chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari
tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara
undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan
kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas
eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda
berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan
perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang
sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir
dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya,
hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal.
Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk α = 0,05, karena thitung
berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-1,974 dan t >1,974
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle.</description><date>2016-08-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/1/1.%20NIM%204123331040%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/2/2.%20NIM%204123331040%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/3/3.%20NIM%204123331040%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/4/4.NIM%204123331040%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/5/5.NIM%204123331040%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/6/6.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/7/7.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/8/8.NIM%204123331040%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/9/9.%20NIM%204123331040%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/10/13.NIM%204123331040%20%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20724/11/14.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Samosir, Rahmi Anada (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20724</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Samosir, Rahmi Anada |
title |
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING
CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN
ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT |
publishDate |
2016 |
isbn |
204123331040 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QD241 Organic chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20724/1/1.%20NIM%204123331040%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/2/2.%20NIM%204123331040%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/3/3.%20NIM%204123331040%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/4/4.NIM%204123331040%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/5/5.NIM%204123331040%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/6/6.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/7/7.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/8/8.NIM%204123331040%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/9/9.%20NIM%204123331040%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/10/13.NIM%204123331040%20%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/11/14.%20NIM%204123331040%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20724/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari
tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara
undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan
kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas
eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda
berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan
perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang
sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir
dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya,
hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal.
Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk α = 0,05, karena thitung
berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-1,974 dan t >1,974
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle. |
id |
IOS3150.20724 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:20Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033412935647232 |
score |
17.538404 |