PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan strategi pembelajaran EkspositoriTerhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan Jl. Sindoro No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 156 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI AK 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar dimana tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan essai 2 soal yang diambil dari buku pedoman siswa yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 46,28; SD = 10,98 dan postes X = 82,05 ; SD = 8,63. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 42,82; SD = 10,74 dan postest adalah X = 65,51 ; SD = 11,96. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 7,05 sedangkan ttabel = 2,0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,05> 2,0 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan strategi pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017