PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, REWRITE, SOLVE, TEST (PQRST) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MIDANUTTA’LIM JOGOROTO
Main Author: | FU’ADAH, IMATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/10/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/10/2/BAB%201.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/10/3/BAB%202.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/10/4/BAB%205.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/10/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh strategi PQRST dalam menyelesaikan soal cerita terhadap hasil belajar siswa. Strategi PQRST ini adalah sebuah kerangka berfikir siswa, siswa dituntun untuk menguraikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantutatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, angket dan observasi. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai p-value > 0,05 maka H a ditolak yang berarti H 0 diterima, artinya tidak ada pengaruh antara strategi PQRST dalam menyelesaikan soal cerita terhadap hasil belajar siswa. Selain itu nilai R-adjusted sebesar 0,00 yang berarti 0.00% variabel hasil belajar siswa tidak dipengaruhi oleh variabel strtaegi PQRST melainkan dipengaruhi oleh faktor lain seperti halnya lingkungan. Berdasarkan hasil pegamatan yang telah dilakukan pada proses pembelajaran, terutama pada proses diskusi yakni ketika latihan soal, siswa tidak secara maksimal aktif dalam proses diskusi. Masih banyak yang melamun dan mengobrol, sehingga tidak semua siswa ikut serta mengerjakan soal latihan tersebut. Strategi PQRST ini merupakan pembelajaran baru bagi siswa, sehingga butuh waktu yang cukup untuk latihan, sedangkan dalam penelitian ini hanya menggunakan waktu 2 kali pertemuan saja. Oleh karena itu dapat dikatakan waktu untuk latihan masih kurang. Kata kunci : Strategi PQRST, Soal Cerita Matematika, Hasil Belajar.