Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, biaya dan etika penjualan dalam perspektif Islam terhadap kepuasan pelanggan pada pembelian pakaian di online shop. Jenis penelitian ini field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah STAIN Pekalongan yang termasuk pelanggan pada pembelian pakaian di online shop. Variabel independen: kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3), biaya (X4) dan etika dalam perspektif islam (X5) serta variabel dependen kepuasan pelanggan (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = -4,530 + 0,182X1 + 0,314X2 + 0,307X3 + 0,356X4 + 0,268X5 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihatpada Adjusted R Square sebesar 0.549 yang berarti bahwa yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan kelima variabel independen yaitu kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3), biaya (X4) dan etika dalam perspektif islam (X5) sebesar 54,9% dan sisanya 45,1% dapat dijelaskan oleh variabel selain pada penelitian ini. Secara parsial (uji t) diketahui bahwa semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan yaitu kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3), biaya (X4) dan etika penjualan (X5) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Secara simultan (uji F) menunjukkan bahawa variabel independen secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi variabel dependen secara signifikan.