Daftar Isi:
  • Semakin ketatnya persaingan koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) saat ini, setiap KJKS tentunya dituntut untuk bergerak cepat dalam hal menarik anggota. Oleh karena itu, KJKS perlu mencermati perilaku anggota dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minatmenggunakanprodukmereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh faktor-faktor seperti reference group dan marketing mix terhadap minatmenggunakanproduk. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BMT Nusa kartikaWiradesakab. Pekalongan dengan mengambil sampel sebanyak 90 responden dengan menggunakan accidental sampling. Responden dalam penelian ini yaitu pesertaarisannuansa 3 di BMT Nusa KartikaWiradesakab.Pekalongan. Teknik analisis data dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) refrence group berpengaruh signifikan terhadap minatmenggunakanproduk ditunjukkan dengan nilaisignifikansi 0,035 <0,05 (2) hargaberpengaruh signifikan terhadap minatmenggunakanprodukdengannilaisignifikansi0,028< 0,05 (3) tempat berpengaruh signifikan terhadap minatmenggunakanprodukdengannilaisignifikansi 0,039< 0,05 (4) proses berpengaruh signifikan terhadap minatmenggunakanprodukdengannilaisignifikansi 0,019< 0,05 (5) sedang variable produk, promosi, karyawandanlingkunganfisiktidakberpengaruhsignifikanterhadapminatmenggunakanproduk (6) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variable independenyaitu reference group dan marketing mix yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap minatmenggunakanproduk (6) nilai adjusted R square sebesar 0,363, hal tersebut menunjukkan bahwa 36,3% variabel minatmenggunakanproduk dapat dijelaskan oleh variabel reference group dan marketing mix, sedangkan sisanya sebesar 63,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar variable independen yang digunakan dalam penelitian ini.