Pengaruh faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Pand’s Muslim Department Store Semarang
ctrlnum |
6504 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/</relation><title>Pengaruh faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Pand’s Muslim Department Store Semarang</title><creator>Muntiah, Siti</creator><subject>381 Internal commerce (Domestic trade)</subject><subject>658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)</subject><description>Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Faktor psikologis, Faktor Situasional dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Pand’s Muslim Department Strore Semarang”. Persaingan bisnis yang sangat ketat pada saat ini merupakan sebuah tantangan bagi perusahaan atau produsen agar produk yang ditawarkan dibeli oleh konsumen. Pand’s Muslim Department Store merupakan salah satu toko busana muslim di Semarang yang perkiraan jumlah pengunjungnya fluktuatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor psikologis (X1), faktor situsional (X2) dan faktor sosial (X3) terhadap keputusan pembelian (Y).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pand’s Muslim Department Store Semarang. Namun sampel yang digunakan adalah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling insidental Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial sebagai variabel independent dan keputusan pembelian sebagai variabel dependent. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung dari masing-masing variabel independent adalah 5,313 untuk faktor psikologis, 5,447 untuk faktor situasional, dan 2.965 untuk faktor sosial. Sedangkan nilai t tabel 1,985 yang lebih kecil dari t hitung. Artinya, secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara faktor psikologis (X1), faktor situasional (X2) dan faktor sosial (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 66,8%. Artinya bahwa variasi perubahan variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh faktor psikologis (X1), faktor situasional (X2) dan faktor sosial (X3) sebesar 66,8%. Sedangakan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.</description><date>2016-12-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Muntiah, Siti (2016) Pengaruh faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Pand’s Muslim Department Store Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>6504</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muntiah, Siti |
title |
Pengaruh faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Pand’s Muslim Department Store Semarang |
publishDate |
2016 |
topic |
381 Internal commerce (Domestic trade) 658.8 Marketing management (pemasaran distribusi) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/1/COVER.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/2/BAB%20I.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/3/BAB%20II.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/4/BAB%20III.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/5/BAB%20IV.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/6/BAB%20V.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/8/LAMPIRAN.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6504/ |
contents |
Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Faktor psikologis, Faktor Situasional dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Pand’s Muslim Department Strore Semarang”. Persaingan bisnis yang sangat ketat pada saat ini merupakan sebuah tantangan bagi perusahaan atau produsen agar produk yang ditawarkan dibeli oleh konsumen. Pand’s Muslim Department Store merupakan salah satu toko busana muslim di Semarang yang perkiraan jumlah pengunjungnya fluktuatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor psikologis (X1), faktor situsional (X2) dan faktor sosial (X3) terhadap keputusan pembelian (Y).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pand’s Muslim Department Store Semarang. Namun sampel yang digunakan adalah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling insidental Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial sebagai variabel independent dan keputusan pembelian sebagai variabel dependent. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung dari masing-masing variabel independent adalah 5,313 untuk faktor psikologis, 5,447 untuk faktor situasional, dan 2.965 untuk faktor sosial. Sedangkan nilai t tabel 1,985 yang lebih kecil dari t hitung. Artinya, secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara faktor psikologis (X1), faktor situasional (X2) dan faktor sosial (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 66,8%. Artinya bahwa variasi perubahan variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh faktor psikologis (X1), faktor situasional (X2) dan faktor sosial (X3) sebesar 66,8%. Sedangakan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. |
id |
IOS2754.6504 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2017-07-10T07:19:26Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:34:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821506035646464 |
score |
17.538404 |