IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXT USING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) (A Quasi Experimental Study of the Eleventh Grade Students of SMK Negeri 2 Demak in the Academic Year of 2017/2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah tentang penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain kuasi-eksperimental. Penulis mengambil siswa kelas XI TAV 1 dan kelas XI TAV 2 sebagai objeknya. Total subjek penelitian ada 60 siswa. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data yang dilakukan melalui pre-tes dan post-tes menggunakan program SPSS 17.0 untuk menganalisa hasil dari post tes. Hasil dari T-tes menunjukkan rata-rata nilai pos-tes dari kelas experiment adalah 69.43 dan kelas control adalah 59.73. Perhitungan T-tes menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Di dukung oleh hasil analisis post-tes di kelas experiment bahwa sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dapat di simpulkan bahwa H1 dapat diterima. Maka, penggunaan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif. Kata kunci: Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), teks naratif, dan pemahaman membaca