USULAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KRIPIK TALAS DENGAN METODE SIX SIGMA DALAM MENCAPAI CONTINUOUS IMPROVEMENT (Studi kasus:UKM Rijaya Snack.Kediri)
Main Authors: | Fintoro, Riyan Mafruqin, Pusporini, Pregiwati, Ismiah, Elly |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/1322/1/13612081%20Riyan%20Mafruqin%20USULAN%20PENINGKATAN%20KUALITAS%20PRODUK%20KRIPIK%20TALAS%20DENGAN%20METODE%20SIX%20SIGMA.pdf http://eprints.umg.ac.id/1322/ |
Daftar Isi:
- Talas merupakan satu komoditas hasil pertanian yang mempunyai potensi untuk dikembagkan di indonesia,komoditas ini jika diolah secara baik akan bisa menambah nilai lebih baik dari nilai guna maupun dari segi ekonomi.salah satu usaha pengolahan talas yakni di UKM Rijaya yang mengolah talas dibuat menjadi kripik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi jenis defect cacat keripik talas pada proses produksi keripik talas di UKM Rijaya kediri yang meliputi kripik hangus,tidak matang, minyak berlebih, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan pada proses produksi, mengkaji pengendalian mutu dan tindakan korektif serta menentukan prioritas strategi peningkatan mutu di UKM Rijaya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode six sigma (DMAIC)Define,Measurement,Analize,Improvement,Control. Penelitian ini dilakukan pada bulan september-November 2017,hasil penelitian menunjukkan bahwa produk defect dengan persentase terbesar adalah di bulan september sebanyak 85 kg dengan presentase 9,55% defect terbesarnya yaitu minyak berlebih sebanyak 33 kg. Proses produksi belum terkendali dengan adanya 1 titik diluar batas kendali. Prioritas Strategi yang dilakukan sebagai tindakan korektif peningkatan mutu dengan melakukan perbaikan berdasarkan nilai RPN(Risk Priority Number) yang didapat dari tabel FMEA(Failure Mode And Effect Analysis)