PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs

Main Author: HAYATUN NUFUS, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hardianti Rukmana, (2019): Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran yang dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen sebagai ahli media, 3 orang guru sebagai uji praktikalitas media dan 12 orang peserta didik SMA Negeri 2 Siak Hulu untuk mengetahui respon terhadap media. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 89.15% dengan criteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 94.05% dengan criteria penilaian sangat praktis. Kata Kunci: ¬Modul, POE (Predict-Observe-Explain), LarutanElektrolitdan Non Elektrolit.