PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs
Main Author: | HAYATUN NUFUS, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24926/ |
ctrlnum |
24926 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI 
MATEMATIS BERDASARKAN SELF 
REGULATED LEARNING 
SISWA SMP/MTs</title><creator>HAYATUN NUFUS, -</creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>ABSTRAK
Hardianti Rukmana, (2019): Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran yang dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen sebagai ahli media, 3 orang guru sebagai uji praktikalitas media dan 12 orang peserta didik SMA Negeri 2 Siak Hulu untuk mengetahui respon terhadap media. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 89.15% dengan criteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 94.05% dengan criteria penilaian sangat praktis. 
Kata Kunci: ¬Modul, POE (Predict-Observe-Explain), LarutanElektrolitdan Non Elektrolit.</description><date>2020-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf</identifier><identifier> HAYATUN NUFUS, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>24926</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HAYATUN NUFUS, - |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI
MATEMATIS BERDASARKAN SELF
REGULATED LEARNING
SISWA SMP/MTs |
publishDate |
2020 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24926/ |
contents |
ABSTRAK
Hardianti Rukmana, (2019): Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran yang dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen sebagai ahli media, 3 orang guru sebagai uji praktikalitas media dan 12 orang peserta didik SMA Negeri 2 Siak Hulu untuk mengetahui respon terhadap media. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 89.15% dengan criteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 94.05% dengan criteria penilaian sangat praktis.
Kata Kunci: ¬Modul, POE (Predict-Observe-Explain), LarutanElektrolitdan Non Elektrolit. |
id |
IOS7815.24926 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2020-02-07T19:39:59Z |
last_indexed |
2020-02-07T19:39:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686573803979669504 |
score |
17.538404 |