PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs

Main Author: HAYATUN NUFUS, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/
ctrlnum 24926
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN&#xD; TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI &#xD; MATEMATIS BERDASARKAN SELF &#xD; REGULATED LEARNING &#xD; SISWA SMP/MTs</title><creator>HAYATUN NUFUS, -</creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>ABSTRAK&#xD; Hardianti Rukmana, (2019): Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran yang dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen sebagai ahli media, 3 orang guru sebagai uji praktikalitas media dan 12 orang peserta didik SMA Negeri 2 Siak Hulu untuk mengetahui respon terhadap media. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 89.15% dengan criteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 94.05% dengan criteria penilaian sangat praktis. &#xD; Kata Kunci: &#xAC;Modul, POE (Predict-Observe-Explain), LarutanElektrolitdan Non Elektrolit.</description><date>2020-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf</identifier><identifier> HAYATUN NUFUS, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>24926</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HAYATUN NUFUS, -
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs
publishDate 2020
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/24926/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/2/HAYATUN%20NUFUS.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24926/
contents ABSTRAK Hardianti Rukmana, (2019): Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi media pembelajaran yang dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang dosen sebagai ahli materi, 1 orang dosen sebagai ahli media, 3 orang guru sebagai uji praktikalitas media dan 12 orang peserta didik SMA Negeri 2 Siak Hulu untuk mengetahui respon terhadap media. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 89.15% dengan criteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 94.05% dengan criteria penilaian sangat praktis. Kata Kunci: ¬Modul, POE (Predict-Observe-Explain), LarutanElektrolitdan Non Elektrolit.
id IOS7815.24926
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2020-02-07T19:39:59Z
last_indexed 2020-02-07T19:39:59Z
recordtype dc
_version_ 1686573803979669504
score 17.538404