Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Siswa di dalam pembelajaran matematika cenderung hanya menghafal materi tanpa tahu konsep materi yang dipelajari sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa. Salah satu upaya untuk menyikapi masalah kemampuan pemahaman konsep matematis adalah melalui pemilihan model pembelajaran. Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan kepada tiga aspek yaitu Auditory yang mengutamakan berbicara dan mendengar, Intellectually bermakna belajar harus menggunakan kemampuan berpikir, dan Repetition yang bertujuan untuk memperdalam dan memperluas pemahaman siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awal pada siswa SMP di Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling . Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus uji-t (test-t) untuk hipotesis 1 dan anova dua arah untuk hipotesis 2. Berdasarkan hasil analisis data, dapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan faktor pengetahuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP di Kampar. Kata kunci: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal.