Daftar Isi:
  • enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika pada siswa SMA Ujungbatu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Ujungbatu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Kelas yang digunakan yaitu X Mia-4 dan X Mia-3 dipilih berdasarkan masukan atau saran dari guru bidang study dan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Mia-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia-3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan annova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai