Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan antara pembelajaran yang menggunakan metode Probing-Prompting dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diantaranya kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, sebagian besar siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan belum mampu memberikan penjelasan yang baik setelah memperoleh jawaban dari soal yang diberikan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan antara pembelajaran yang menggunakan metode Probing-Prompting Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pengambailan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji “t” untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,22 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 maka thitung ≥ ttabel atau 3,22 ≥ 2,00 ini berarti bahwa ha diterima dan h0 ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan antara pembelajaran yang menggunakan metode Probing-Prompting Learning dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode Probing-Prompting Learning, Pemecahan Masalah Matematis.