ctrlnum 2425
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2425/</relation><title>MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)</title><creator>JULIA SEPTIYANA, .</creator><subject>Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis &amp; Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/1/%281%29%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/2/%282%29%20halaman%20persetujuan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/3/%284%29%20lembar%20originalitas.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/4/%287%29%20daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/5/%2812%29%20Bab%20I-V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/6/%2813%29%20daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/7/%2814%29%20RPP%20siklus%201%20pertemuan%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/8/%2825%29%20validasi%20instrumen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/9/%2822%29%20instrumen%20tindakan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/10/%2819%29%20instrumen%20kuesioner%20keterampilan%20sosial%20siklus%202.pdf</identifier><identifier> JULIA SEPTIYANA, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author JULIA SEPTIYANA, .
title MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)
publishDate 2018
topic Penelitian Tindakan Kelas
url http://repository.unj.ac.id/2425/1/%281%29%20cover.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/2/%282%29%20halaman%20persetujuan.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/3/%284%29%20lembar%20originalitas.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/4/%287%29%20daftar%20isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/5/%2812%29%20Bab%20I-V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/6/%2813%29%20daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/7/%2814%29%20RPP%20siklus%201%20pertemuan%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/8/%2825%29%20validasi%20instrumen.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/9/%2822%29%20instrumen%20tindakan.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/10/%2819%29%20instrumen%20kuesioner%20keterampilan%20sosial%20siklus%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/2425/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.
id IOS7130.2425
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-01-07T11:33:06Z
last_indexed 2020-01-07T11:33:06Z
recordtype dc
_version_ 1686502322682724352
score 17.538404