MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)
ctrlnum |
2425 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2425/</relation><title>MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)</title><creator>JULIA SEPTIYANA, .</creator><subject>Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/1/%281%29%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/2/%282%29%20halaman%20persetujuan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/3/%284%29%20lembar%20originalitas.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/4/%287%29%20daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/5/%2812%29%20Bab%20I-V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/6/%2813%29%20daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/7/%2814%29%20RPP%20siklus%201%20pertemuan%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/8/%2825%29%20validasi%20instrumen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/9/%2822%29%20instrumen%20tindakan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2425/10/%2819%29%20instrumen%20kuesioner%20keterampilan%20sosial%20siklus%202.pdf</identifier><identifier> JULIA SEPTIYANA, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
JULIA SEPTIYANA, . |
title |
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat) |
publishDate |
2018 |
topic |
Penelitian Tindakan Kelas |
url |
http://repository.unj.ac.id/2425/1/%281%29%20cover.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/2/%282%29%20halaman%20persetujuan.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/3/%284%29%20lembar%20originalitas.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/4/%287%29%20daftar%20isi.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/5/%2812%29%20Bab%20I-V.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/6/%2813%29%20daftar%20pustaka.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/7/%2814%29%20RPP%20siklus%201%20pertemuan%201.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/8/%2825%29%20validasi%20instrumen.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/9/%2822%29%20instrumen%20tindakan.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/10/%2819%29%20instrumen%20kuesioner%20keterampilan%20sosial%20siklus%202.pdf http://repository.unj.ac.id/2425/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. |
id |
IOS7130.2425 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-01-07T11:33:06Z |
last_indexed |
2020-01-07T11:33:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502322682724352 |
score |
17.538404 |