PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PENGETAHUAN KONSUMEN, DAN EFEKTIVITAS TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI)

Main Authors: Nurul Faizah, EES160526, Subhan, Subhan, Fielnanda, Refky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4342/1/NURUL%20FAIZAH%20SKRIPSI%20EES.160526%20-%20Watermark.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4342/
Daftar Isi:
  • Financial Technology adalah sebuah solusi layanan keuangan yang memenfaatkan teknologi digital dalam pengoperasiannya. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menawarkan berbagai kemudahan untuk manusia melakukan aktivitasnya. Namun hal ini masih minim pengetahuan tentang fintech khususnya pada mahasiswa sehingga mereka belum mampu memanfaatkan dan mengoptimalkan layanan keuangan produk fintech. Hal ini yang menjadi latar belakang pada penelitian yang berjudul pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan konsumen, dan efektivitas terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN STS Jambi). Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat bertransaksi, pengaruh pengetahuan konsumen terhadap minat bertransaksi, pengaruh efektivitas terhadap minat bertransaksi, dan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan konsumen, dan efektivitas terhadap minat bertransaksi secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan rumus slovin yaitu 97 mahasiswa sebagai sampel. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki nilai signifikansi thitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech. Variabel pengetahuan konsumen memiliki nilai signifikansi thitung sebesar 0,019 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech. Variabel efektivitas memiliki nilai signifikansi thitung sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa efektivitas berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,647 maka dapat dinyatakan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan konsumen, dan efektivitas berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech secara bersama-sama sebesar 64,7%.