ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM MENGIKUTI TREND FASHION HIJAB (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)

Main Authors: DELLA ANANDA LESTARI, EES160338, Ferawati, Rofiqoh, Fielnanda, Refky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4311/1/EES160338%20Analisis%20Perilaku%20Konsumsi%20Generasi%20Milenial%20dalam%20Mengikuti%20Trend%20Fashion%20Hijab%20%28Studi%20pada%20Mahasiswi%20Fakultas%20Ekonomi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4311/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab, (2) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berdasarkan prinsip konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebanyak 18 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berbeda-beda, pada umumnya lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, yaitu membeli hijab karena ingin tampil trendy (tidak ketinggalan zaman), membeli hijab berdasarkan pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat), adanya anggaran yang disiapkan untuk berbelanja setiap bulannya, membeli hijab karena kemasannya menarik, membeli hijab untuk koleksi dan tampil beda setiap harinya, adanya kepercayaan bahwa mengenakan hijab bemerk akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi , pernah berhutang dalam membeli hijab, membeli hijab karena model yang mengiklankan, dan membeli hijab karena suka berbelanja secara online. (2) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab belum sepenuhnya sesuai dengan perilaku konsumsi dalam ekonomi Islam, yaitu prinsip keadilan, prinsip kesederhanaan, dan prinsip moralitas.