ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM MENGIKUTI TREND FASHION HIJAB (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)

Main Authors: DELLA ANANDA LESTARI, EES160338, Ferawati, Rofiqoh, Fielnanda, Refky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4311/1/EES160338%20Analisis%20Perilaku%20Konsumsi%20Generasi%20Milenial%20dalam%20Mengikuti%20Trend%20Fashion%20Hijab%20%28Studi%20pada%20Mahasiswi%20Fakultas%20Ekonomi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4311/
ctrlnum 4311
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4311/</relation><title>ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM MENGIKUTI TREND FASHION HIJAB (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)</title><creator>DELLA ANANDA LESTARI, EES160338</creator><creator>Ferawati, Rofiqoh</creator><creator>Fielnanda, Refky</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>330 Ilmu Ekonomi</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab, (2) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berdasarkan prinsip konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebanyak 18 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berbeda-beda, pada umumnya lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, yaitu membeli hijab karena ingin tampil trendy (tidak ketinggalan zaman), membeli hijab berdasarkan pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat), adanya anggaran yang disiapkan untuk berbelanja setiap bulannya, membeli hijab karena kemasannya menarik, membeli hijab untuk koleksi dan tampil beda setiap harinya, adanya kepercayaan bahwa mengenakan hijab bemerk akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi , pernah berhutang dalam membeli hijab, membeli hijab karena model yang mengiklankan, dan membeli hijab karena suka berbelanja secara online. (2) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab belum sepenuhnya sesuai dengan perilaku konsumsi dalam ekonomi Islam, yaitu prinsip keadilan, prinsip kesederhanaan, dan prinsip moralitas.</description><date>2020-05-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4311/1/EES160338%20Analisis%20Perilaku%20Konsumsi%20Generasi%20Milenial%20dalam%20Mengikuti%20Trend%20Fashion%20Hijab%20%28Studi%20pada%20Mahasiswi%20Fakultas%20Ekonomi.pdf</identifier><identifier> DELLA ANANDA LESTARI, EES160338 and Ferawati, Rofiqoh and Fielnanda, Refky (2020) ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM MENGIKUTI TREND FASHION HIJAB (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4311</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DELLA ANANDA LESTARI, EES160338
Ferawati, Rofiqoh
Fielnanda, Refky
title ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM MENGIKUTI TREND FASHION HIJAB (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
330 Ilmu Ekonomi
url http://repository.uinjambi.ac.id/4311/1/EES160338%20Analisis%20Perilaku%20Konsumsi%20Generasi%20Milenial%20dalam%20Mengikuti%20Trend%20Fashion%20Hijab%20%28Studi%20pada%20Mahasiswi%20Fakultas%20Ekonomi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4311/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab, (2) Untuk mengetahui perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berdasarkan prinsip konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebanyak 18 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab berbeda-beda, pada umumnya lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, yaitu membeli hijab karena ingin tampil trendy (tidak ketinggalan zaman), membeli hijab berdasarkan pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat), adanya anggaran yang disiapkan untuk berbelanja setiap bulannya, membeli hijab karena kemasannya menarik, membeli hijab untuk koleksi dan tampil beda setiap harinya, adanya kepercayaan bahwa mengenakan hijab bemerk akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi , pernah berhutang dalam membeli hijab, membeli hijab karena model yang mengiklankan, dan membeli hijab karena suka berbelanja secara online. (2) Perilaku konsumsi generasi milenial FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam mengikuti trend fashion hijab belum sepenuhnya sesuai dengan perilaku konsumsi dalam ekonomi Islam, yaitu prinsip keadilan, prinsip kesederhanaan, dan prinsip moralitas.
id IOS7065.4311
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-12-19T08:47:39Z
last_indexed 2022-10-14T05:34:52Z
recordtype dc
_version_ 1746641609616785408
score 17.538404