Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan, pada masing-masing tingkat dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai anggapan dalam menghadapi persaiangan yang selalu berubah. Untuk mengetahui potensi ekonomi usaha tenun ikat, dapat dilihat dari strategi pemasarannya, semakin bagus tingkat strateginya maka semakin tinggi tingkat penjualan produknya. Dalam prosesnya, usaha ini tidaklah berjalan dengan lancar, ada pasang surut yang dialami usaha Tenun Ikat Medali Mas. Meskipun demikian, perusahaan tenun ikat terus berproduksi dan setiap tahunnya mengalami peningkatan dan kemajuan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran di UD. Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri dan bagaimana tingkat penjualan produk di UD. Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan tingkat penjualan produk di UD. Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode field research yakni penelitian lapangan yang dilakukan di UD. Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri. Untuk mendapatkan data yang valid dengan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian, (1) Strategi pemasaran produsen muslim di Tenun Ikat Medali Mas sebagai berikut: a. Produk, adanya banyak variasi agar dapat menarik konsumen. b. Harga, sesuai dengan kualitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga. c. Promosi, pemasaran langsung, publikasi, komunikasi dari mulut ke mulut. d. Distribusi, menggunakan distribusi langsung dari produsen ke konsumen atau personal selling. e. Pelayanan, menerapakan strategi pelayanan yang terarah yaitu elemen-elemen pelayanan yang baik. (2) Tingkat penjualan produk di UD. Tenun Ikat Medali Mas sebagai berikut: mengalami peningkatan penjualan produk dan pendapatan yang cukup signifikan tiap tahunnya pada tahun 2012-2015.