Efektivitas Strategi pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Two Stay Two Stray dan Team Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI kelas VII di MTsN 5 Kediri
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode two stay two stray dan team games tournament dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas VII di MTsN 5 Kediri. Lebih dari itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode two stay two stray dan team games tournament dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas VII MTsN 5 Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 5 Kediri. Sebagai populasi jumlah siswa adalah 390 dan sebagai sampel sebanyak 65 siswa yakni dari kelas VII E dan VII A, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Dengan kerangka penelitian Quasi eksperimen. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode two stay two stray terhadap hasil belajar yaitu dengan rata-rata hasil N-Gain sebesar 64,67 %. Begitu juga dengan metode team games tournament memberikan pengaruh sebesar 73,67 %. Hasil perbandingan mendapat perolehan metode team games tournament lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar SKI dibandingkan dengan two stay two stray dengan ketentuan TSTS (64,67) <TGM (73,67).